HIBUR: Amphibi LVT-7 A1 bermanuver di permukaan air dengan mengeluarkan asap putih dan ungu muda yang memenuhi udara di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (22/3). (Evan Zumarli/Sumatera Ekspres/JPNN)
PALEMBANG – Ribuan warga Palembang, Sumatera Selatan, memadati kawasan Ampera dan Benteng Kuto Besak (BKB). Mereka menyaksikan beragam atraksi ketangkasan dalam rangka HUT TNI-AL. Atraksi tersebut dimulai dengan kolone senapan Brigif-2 Marinir dan Yon Bekpal-2 Marinir dengan iringan rampak beduk.
Selanjutnya, ada terjun payung dari 10 prajurit Korps Marinir TNI-AL. Mereka terjun dari pesawat Cassa 212 dan mendarat di atas ponton sisi barat dan timur Jembatan Ampera. Sebagian lagi mendarat di pelataran BKB. Bersamaan dengan itu, sejumlah prajurit menuruni dua menara Ampera untuk membentangkan dua spanduk panjang. Satu bertulisan ’’Jalesveva’’ dan satu lagi ’’Jayamahe’’.
Di perairan Musi, tiga amphibi LVT-7 A1 bermanuver di permukaan air. Tiga tank mengeluarkan asap putih dan ungu muda yang memenuhi udara. Masyarakat pun dihibur dengan pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) di pelataran BKB. Ada tiga tank amphibi BMP-3F yang dipamerkan di sana. Warga memanfaatkan momen itu untuk berfoto. Mereka juga diperbolehkan naik ke atasnya.
’’Semua demonstrasi ini merupakan kegiatan Detasemen Jala Mangkara,’’ kata Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir Kolonel Marinir Andi Rahmat kemarin (22/3). Sabtu lalu juga sudah diadakan latihan antiteror di areal Pertamina RU III Plaju.
Menurut dia, selain meningkatkan kemampuan prajurit, demonstrasi dan latihan tersebut dilakukan untuk menghibur masyarakat Palembang. Juga, atraksi itu dihelat untuk menumbuhkan kebanggaan maritim seperti kebesaran Kerajaan Sriwijaya dahulu. ’’Terakhir, mempromosikan TNI-AL kepada masyarakat,’’ ungkap Andi.
Detasemen Jala Mangkara merupakan pasukan khusus antiteror aspek laut dalam tubuh TNI-AL. Pelatihan tersebut rutin dilaksanakan per triwulan di seluruh wilayah Indonesia. Staf Ahli Wali Kota Palembang Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Investasi Sudirman Tegoeh menyatakan, demonstrasi jajaran TNI-AL tersebut berhasil menarik minat warga Palembang untuk menonton. ’’Kami bangga karena tidak semua tempat terpilih. Mudahan-mudahan tahun depan bisa digelar lagi,’’ paparnya. (way/chy/JPNN/c15/diq)