Frans Tumbuan Tutup Usia
JAKARTA – Aktor senior Frans Tumbuan tutup usia Senin (23/3). Suami Rima Melati tersebut meninggal di usia 74 tahun karena diabetes. Air mata terus menetes dari mata Rima saat melihat tubuh suaminya terbujur kaku di pembaringan. Pasangan selebriti itu selama ini dikenal sebagai suami istri yang harmonis.
Teman-teman Frans dan Rima silih berganti datang ke rumah duka St. Carolus, Salemba, Jakarta, kemarin siang. Mulai Widyawati yang juga sahabat Rima, Tuty Kirana, Jajang C. Noer, serta Rina Hasyim. Mantan menantu Rima-Frans, Aline Andita, pun tampak hadir.
Menurut sahabat, Frans semasa hidup dikenal sebagai orang yang lucu dan baik hati. ’’Kalau di lokasi syuting, yang paling saya inget itu pas break. Dia selalu duduk sambil bawa kipasnya itu. Makanya, selalu dipanggil Mister Kipas,’’ ujar Rina Hasyim.
Frans dirawat di rumah sakit sejak tiga minggu lalu. Aditya Tumbuan, anak keempat Frans dan Rima, menyatakan bahwa ayahnya sebelumnya tidak pernah mengeluh sakit. Frans bukan tipe orang yang suka menyusahkan orang lain. Tetapi, kondisinya tiba-tiba drop karena kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi.
’’Awalnya gula tinggi, terus ginjal rusak. Otomatis semua penyakit nggaktertahan. Terakhir infeksi paru-paru. Jadi, beliau tidak meninggal karena kanker,’’ tegas Aditya saat mengklarifikasi kabar yang beredar di masyarakat.
Wajah Rima kemarin tampak sangat kelelahan. Setelah dimandikan dan didandani, Rima memandang suaminya dengan mata berkaca-kaca. Dia sesekali memeluk dan mencium jenazah Frans seakan belum rela melepas kepergian belahan jiwanya. Dia selalu berada di samping peti jenazah Frans. Meski keluarga menuntunnya untuk duduk dan beristirahat, dia kembali berjalan serta melihat suaminya lagi.
Sementara itu, meski tidak lagi menjadi menantu keluarga Tumbuan, Aline Adita tidak bisa menahan kesedihan. Mantan istri Aditya tersebut menuturkan masih berkomunikasi dengan Rima dan Frans.
’’Papa Frans sama Mama Rima sering SMS saya. Lagi apa sayang, love you, dari papa mama. Terakhir ketemu enam bulan lalu, sama Mama Rima, Papa Frans, sama Keke. Kita curhat-curhatan,’’ tutur Aline. Jenazah Frans berada di rumah duka hingga hari ini. Rabu besok almarh