FULL KENDARAAN: Antrean kendaraan roda empat di kantong parkir PT ASDP Ketapang Minggu siang (22/3). (Galih Cokro/Jawa Pos Radar Banyuwangi)
BANYUWANGI – Pengoperasian kembali kapal-kapal yang melayani penyeberangan rute Ketapang–Gilimanuk dibuka pukul 05.30 WIB atau pukul 06.30 Wita Minggu kemarin (22/3). Hingga kemarin sore, kendaraan yang menuju Bali terlihat mengantre di halaman parkir pelabuhan PT ASDP Ketapang.
Kendaraan menumpuk mulai Sabtu malam (21/3). Kantong-kantong parkir dipenuhi kendaraan pribadi dan truk-truk yang hendak menuju Pulau Dewata.
Manajer Operasional PT Indonesia Ferry (IF) ASDP Ketapang Saharuddin Koto menyatakan, banyaknya kendaraan yang mengantre di pelabuhan dimulai Sabtu (21/3) pukul 22.00. ’’Kantong parkir yang disediakan penuh mulai Sabtu malam,’’ katanya.
Kendaraan roda dua dan roda empat mendominasi antrean. ’’Yang banyak sepeda motor dan mobil pribadi. Sampai magrib ini masih ada antrean kendaraan, tapi sudah tidak sampai keluar. Antrean terus mengalir ke dalam kapal,’’ tutur Saharuddin.
Berdasar data yang diperoleh hingga kemarin malam, ada sekitar 1.605 penumpang pejalan kaki, 5.605 kendaraan roda dua, serta 3.100 kendaraan roda empat dan kendaraan besar lainnya yang telah menyeberang ke Pulau Dewata.
Jumlah tersebut diperkirakan terus bertambah mengingat antrean kendaraan masih terlihat sampai berita ini ditulis pukul 19.00. ’’Ini data terakhir kendaraan dan penumpang yang telah menyeberang ke Bali sejak pelabuhan dibuka setelah Nyepi sampai pukul 19.00,’’ jelas pejabat pelabuhan yang suka gowes tersebut.
Sementara itu, untuk mengantisipasi kemacetan saat penutupan jalur penyeberangan Jawa–Bali kemarin, kendaraan tidak diperbolehkan melewati jalan depan pelabuhan. ’’Sejak Sabtu pukul 24.00, kendaraan yang melintas kita arahkan untuk lewat jalan lingkar Ketapang,’’ kata Kasatlantas Polres Banyuwangi AKP Amar Hadi Susilo.
Amar menambahkan, arus lalu lintas hingga kemarin malam terpantau lancar dan normal. Menurut dia, penumpukan kendaraan di kantong-kantong parkir tidak tampak lagi. ’’Kantong parkir Tanjung Wangi ramai mulai Sabtu malam. Yang mendominasi kendaraan roda empat pribadi. Malam ini (kemarin) sudah habis antrean,’’ tutur Amar.(tfs/aif/JPNN/c19/bh)