MENUJU START TERDEPAN: Lewis Hamilton sempat melebar di babak kualifikasi Grand Prix Australia di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Sabtu (14/3). Dia merebut pole position.( Dewo Pratomo/Jawa Pos)
MELBOURNE – Juara dunia Formula 1 2014 Lewis Hamilton bakal mengawali lomba pertama 2015 dari posisi terdepan. Bintang Mercedes itu Sabtu kemarin (14/3) berhasil merebut pole position untuk Grand Prix Australia di Sirkuit Albert Park, Melbourne.
Hamilton tampil sangat dominan dengan mencatat waktu 1 menit 26,327 detik di sirkuit sepanjang 5,303 km tersebut. Saking cepatnya, dia meraih waktu hampir 0,6 detik lebih cepat dari rekan setimnya, Nico Rosberg.
Dominasi Mercedes tersebut sudah diperkirakan terjadi sebelum musim 2015 dimulai. Namun, setelah babak latihan Jumat lalu (13/3), belum bisa ditebak siapa yang bakal meraih pole. Hamilton atau Rosberg. Dalam dua sesi latihan itu, justru Rosberg yang unggul tipis.
Kemarin pasangan Mercedes tampil tenang di babak kualifikasi. Tidak memaksakan diri keliling terlalu banyak karena yakin punya margin cukup di depan para pesaing.
Rosberg sempat membuat sedikit kesalahan (agak melebar) di sesi terakhir kualifikasi. Walau masih punya satu kesempatan lagi di akhir babak tersebut, dia tak mampu mengejar waktu Hamilton.
’’Akhir pekan kami berawal luar biasa. Rasanya belum lama dari lomba terakhir tahun lalu. Kami sangat bersemangat dan seluruh tim telah melakukan upaya besar untuk datang ke sini. Saya merasa bersyukur. Babak kualifikasi sangat menyenangkan,’’ kata Hamilton.
Pole tersebut adalah yang keempat dalam karir Hamilton di Australia. Rekor di lomba yang sudah berlangsung di Melbourne sejak 1996 itu. Dan poletersebut adalah modal kuat untuk meraih kemenangan. Tahun lalu, Hamilton meraih tujuh pole, dan enam di antaranya berujung kemenangan.
Ironisnya, satu pole yang gagal jadi kemenangan itu terjadi di Australia. Dan Nico Rosberg berharap hal sama bisa terulang tahun ini. ’’Hari besok (lomba, Red) masih akan berlangsung panjang,’’ tegasnya.
Di belakang Mercedes, persaingan supersengit terjadi antara Ferrari dan Williams-Mercedes. Kecepatan mobil dari kedua tim begitu mirip.
Pada akhirnya, Felipe Massa merebut posisi ketiga alias best-of-the-rest di depan pasangan Ferrari Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen. Saking ketatnya, selisih waktu antara tiga pembalap itu tak sampai 0,1 detik!
Pembalap lain Williams, Valtteri Bottas, meraih posisi keenam. Dia mengalami masalah dengan punggungnya, kesakitan setiap kali mengerem. Setelah kualifikasi, dia sampai harus dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan. Tim berharap problem tersebut tidak mengganggu partisipasinya dalam lomba.
’’Kualifikasi ini benar-benar tricky. Sebab, ada empat mobil yang memiliki waktu berdekatan. Saya senang bisa melakukan lap yang baik. Lap terbaik saya adalah yang terakhir,’’ ungkap Massa.
Total hanya 18 pembalap yang turun di babak kualifikasi kemarin. Manor-Ferrari tetap belum mampu menyelesaikan mobil sehingga Will Stevens dan Roberto Merhi tak bisa turun ke lintasan sejak tiba di Australia.
Sementara itu, dari 18 pembalap yang turun, McLaren-Honda harus rela mengisi barisan juru kunci. Jenson Button dan Kevin Magnussen berada di urutan ke-17 dan 18.
Yang jadi bintang di babak kualifikasi kemarin adalah pasangan sangat muda Toro Rosso-Renault. Carlos Sainz, 20, mampu lolos hingga sesi ketiga dan penentu, akhirnya meraih posisi start kedelapan di lomba perdananya. Max Verstappen, 17, semestinya juga mampu lolos ke sesi penentu, tapi sempat membuat kesalahan di sesi kedua. Verstappen pun harus start dari posisi ke-12.
Yang paling kecewa mungkin adalah Daniel Ricciardo. Jagoan tuan rumah yang mengendarai Red Bull-Renault itu akan start dari posisi ketujuh setelah sempat mengganti mesin usai babak latihan. Rekannya, Daniil Kvyat, akan start di urutan ke-13.
Grand Prix Australia hari ini akan start pukul 16.00 waktu Melbourne atau 12.00 WIB. Lomba akan berlangsung 58 putaran. (*)