HILANG KENDALI: Proses evakuasi Fernando Alonso ke dari mobilnya ke ambulans untuk mendapatkan pertolongan pertama di Medical Center sirkuit Catalunya, Barcelona. (Getty Images/Daily Mail)
BARCELONA – Masa comeback ke Formula 1 benar-benar berlangsung amat menegangkan bagi Honda. Pabrikan yang menggandeng McLaren pada musim 2015 itu tak hanya pusing karena memikirkan pengembangan mesin dan mobil MP4-30 yang tak kunjung menjanjikan. Kini McLaren-Honda juga harus dipusingkan dengan problem yang menimpa salah seorang pembalapnya, Fernando Alonso.
Alonso mengalami kecelakaan saat menjalani hari terakhir uji coba pramusim 2015 di Sirkuit Catalunya, Barcelona. Insiden itu terjadi pada sesi pagi. Alonso pun tak kembali ke lintasan hingga sesi berakhir pada pukul 17.00 waktu setempat.
Saat itu, sesi uji coba pagi sebenarnya menyisakan 15 menit sebelum istirahat makan siang. Kala kejadian, dia berada di urutan kelima catatan waktu terbaik dan baru melahap 20 putaran. Namun, Alonso terlambat membelokkan mobilnya untuk melalui tikungan ketiga..
Mobil yang dikendalikan Alonso lantas meluncur melewati gravel. Dengan kecepatan lebih dari 200 km per jam, mobil Alonso baru terhenti ketika menghantam tembok pembatas. Namun, tak terlihat kerusakan parah pada mobil yang menggunakan nomor 14 tersebut.
Petugas medis dan ambulans segera menghampiri lokasi kecelakaan. Tak lama kemudian, Alonso diangkut dari mobilnya ke ambulans dengan tandu. Tak banyak yang bisa disaksikan. Sebab, petugas juga membentangkan kain untuk menutupi proses tersebut.
Ambulans membawa Alonso ke medical center sirkuit itu. Sambil menanti helikopter, dia dirawat beberapa menit di medical center. Selanjutnya, dia diterbangkan menuju rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis lanjutan.
Pihak McLaren menyatakan bahwa kondisi pembalapnya itu tak termasuk parah. ”Alonso dalam keadaan sadar dan berbicara. Dia diterbangkan menuju rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan. Perkembangan selanjutnya akan kami kabarkan secepatnya,” tulis McLaren dalam akun Twitter-nya, @McLarenF1, untuk menjelaskan keadaan Alonso kemarin.
Luis Garcia Abad, manajer Alonso, juga mengatakan dalam akun Twitter-nya bahwa pembalap 33 tahun itu baik-baik saja dan tidak kritis. ”Fernando (Alonso) saat ini oke dan sadar, terima kasih,” cuit dia dalam akun Twitterpribadi.
Sampai berita ini ditulis, belum ada penjelasan apakah kecelakaan yang dialami Alonso itu disebabkan kesalahan dalam mengemudi atau kerusakan mesin. Mantan tim Alonso di F1, Ferrari Team, juga langsung menyampaikan simpati untuk Alonso di akun Twitter mereka. ”Kami selalu berharap yang terbaik untukmu, Alonso,” cuit tim yang ditinggalkan Alonso pada akhir musim 2014 tersebut.
Sebastian Vettel, pembalap Ferrari yang juga berada di lintasan saat kecelakaan itu terjadi, menyatakan kepada media bahwa kecepatan Alonso tidak terlalu kencang. ”Kecepatannya rendah. Mungkin sekitar 150 km per jam. Lalu, beberapa saat ketika dia berbelok ke kanan menuju tembok, tampak ada yang sedikit ganjil,” jelasnya. (irr/c11/ady)