TELITI: Kru pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi melakukan pengecekan motor sebelum digunakan pada uji coba pramusim di Sirkuit Sepang (24/2). (AFP Photo/Mohd Rasfan)
SEPANG – Persaingan antara Yamaha dan Honda masih menjadi bumbu utama MotoGP 2015. Perlahan, Ducati yang akan mengandalkan GP15 Desmosedici juga meramaikan perseteruan di kelas premier. Tetapi, Yamaha kembali mencuri perhatian pada uji coba pramusim yang pekan ini berlangsung di Sepang, Malaysia.
Pada hari kedua (24/2), Honda kembali berada di posisi teratas catatan waktu terbaik. Juara bertahan Marc Marquez mengungguli jagoan Movistar Yamaha Jorge Lorenzo. Dengan catatan waktu 1 menit 59,844 detik, Marquez hanya unggul 0,058 detik atas Lorenzo.
Bagi Lorenzo, catatan waktu di bawah 2 detik itu merupakan peningkatan besar bila dibandingkan dengan hari pertama. Pada hari pertama, dia berada di posisi kelima. Pada hari pembuka, justru rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi, yang tampil hebat. Rossi tampil tercepat mengalahkan pembalap Repsol Honda lainnya, Dani Pedrosa.
Sebagai catatan, hari pertama pada uji coba kedua di Sepang merupakan debut Rossi dan Lorenzo menggunakan seamless gearbox baru. Bukan hanyaupshift (tambah atau naik gigi), tetapi sudah dilengkapi downshift (turun gigi).
’’Tiap orang di tim kami sangat ingin tahu reaksi kami terhadap gearbox baru ini. Kesan pertama saya sangat positif. Bukan perbedaan yang besar, tetapi menjadi bantuan hebat untuk area yang memang ingin kami tingkatkan,’’ ungkap Rossi.
Rossi dan Lorenzo sama-sama mengungkapkan, sistem baru tersebut membuat motor lebih stabil saat pemindahan gigi percepatan. Dukungan terhadap pengereman pun ikut stabil. Karena stabilitas tersebut, performa motor menjadi konsisten, terutama untuk melibas tikungan. Lorenzo mengingatkan, peningkatan yang mereka raih tidak serta merta bakal membuat Yamaha bakal mengalahkan Honda. Apalagi, Honda tentu mencari pengembangan tambahan menjelang dimulainya musim baru.
’’Tetap saja kami harus melakukan beberapa penyesuaian lagi. Tetapi, potensinya memang sangat besar. Hal mendesak sekarang adalah bagaimana kami mendapatkan performa maksimum untuk teknologi baru ini,’’ terang Lorenzo.
Uji coba di Sepang juga menunjukkan perkembangan signifikan pada kubu Ducati. Dua pembalap Ducati, Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso, berada di posisi ketiga dan keempat pada hari kedua. Mereka mengungguli Pedrosa dan Rossi yang berada di posisi kelima dan keenam. (c4/ady)