Kumpulan soal PKN
1.
|
Salah satu contoh
pelaksanaan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan
sehari-hari adalah ........
|
||||||||
|
2.
|
Setiap berangkat ke
sekolah Ade Uju memakai sepatu buatan Cibaduyut dan menggunakan bahasa
Indonesia dengan baik dan benar.
Perbuatan Ade Uju tersebut mencerminkan rasa bangga terhadap ........ |
||||||||||
|
3.
|
Pak Ahmad selalu
bekerja tepat waktu, apa yang dikerjakannya dapat diselesaikan dengan baik
sesuai dengan keahliannya dan kemampuannya.
Pak Ahmad itu mencerminkan sosok orang yang bekerja ........ |
||||||||||
|
4.
|
Ketua OSIS SLTP
Sumberasih dalam pergaulannya tidak membedakan suku, agama, dan kekayaan
terhadap teman-temannya.
Perbuatan ketua OSIS tersebut menampilkan perilaku ........ |
||||||||||
|
5.
|
Untuk mengisi jam
pelajaran yang kosong. seluruh siswa mendapat tugas membersihkan ruangan dan
halaman sekolahan bersama-sama.
Kegiatan tersebut mencerminkan ........ |
||||||||||
|
6.
|
Kita harus
memperlakukan orang lain sesuai dengan harkat, derajat dan martabatnya dengan
cara ........
|
||||||||
|
7.
|
Walaupun ibunya
sedang sakit keras, anaknya itu tetap meminta izin kepada ibunya untuk
berangkat ke sekolah, sikap tersebut mencerminkan ........
|
||||||||||
|
8.
|
Untuk memupuk
persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan
cara ........
|
||||||||
|
9.
|
Cinta tanah air
merupakan perwujudan pengamalan Pancasila, sila ke ........
|
||||||||
|
10.
|
Keyakinan terhadap
Tuhan YME memiliki makna ........
|
||||||||
|
11.
|
Tujuan dibentuknya
hukum di negara Indonesia di antaranya adalah agar ........
|
||||||||
|
12.
|
Contoh perilaku
hidup sederhana dalam lingkungan keluarga di antaranya adalah ........
|
||||||||
|
13.
|
I. Hemat
II. Cermat III. Sehat IV. Tidak bergaya hidup mewah V. Tidak boros Dari data di atas yang termasuk ciri-ciri hidup sederhana ditunjukkan pada nomor ........ |
||||||||||
|
14.
|
Tujuan adanya
pembinaan kerukunan antar umat beragama adalah untuk ........
|
||||||||
|
15.
|
Lembaga-lembaga
keagamaan di Indonesia berfungsi untuk ........
|
||||||||
|
16.
|
Kesetiaan terhadap
bangsa dan negara memiliki makna ........
|
||||||||
|
17.
|
Bagi bangsa
Indonesia yang dijadikan pedoman perilaku setia kepada bangsa dan negara
dalam kehidupan sehari-hari adalah ........
|
||||||||||
|
18.
|
Perilaku hidup
bersih dalam kehidupan sehari-hari dapat dicontohkan sebagai berikut,kecuali ........
|
||||||||
|
19.
|
Norma yang paling
ampuh untuk menciptakan kebiasaan hidup bersih adalah norma.......
|
||||||||||
|
20.
|
Perilaku manusia
yang dapat meningkatkan harkat, martabat, dan harga dirinya adalah manusia
yang hidupnya ........
|
||||||||||
|
21.
|
Hak asasi adalah hak
dasar yang dimiliki sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang
tidak bersifat mutlak artinya hak tersebut ........
|
||||||||
|
22.
|
Disiplin perlu
ditanamkan kepada seluruh warga negara sejak dini, sebab disiplin merupakan
........
|
||||||||||
|
23.
|
Contoh perilaku
disiplin siswa di sekolah adalah ........
|
||||||||
|
24.
|
Salah satu contoh
perbuatan yang mencerminkan sikap patuh dan taat pada hukum adalah sebagai
berikut ........
|
||||||||
|
25.
|
Perbuatan yang tidak
mencerminkan ketaatan dan kepatuhan dalam beribadah, diantaranya adalah
........
|
||||||||
|
26.
|
Kemungkinan yang
akan terjadi apabila tidak dapat mengendalikan dini akan terjadi ........
|
||||||||||
|
27.
|
Pengaruh positif,
apabila seseorang taat beribadah adalah ........
|
||||||||
|
28.
|
Untuk meningkatkan
kepatuhan dan ketaatan beribadah sesuai agama masing-masing, kita harus
........
|
||||||||
|
29.
|
Hak dan kewajiban
warga negara dalam bidang hukum diatur dalam UUD 1945 ........
|
||||||||||
|
30.
|
Hak asasi yang
sifatnya pribadi diatur di dalam UUD 1945 ........
|
||||||||||
|
31.
|
Salah satu ciri
orang yang peduli akan hak dan kewajiban, adalah ........
|
||||||||
|
32.
|
Di bawah ini
merupakan contoh sikap keseimbangan antara hak dan kewajiban ........
|
||||||||
|
33.
|
Pelanggaran terhadap
peraturan, artinya ........
|
||||||||
|
34.
|
Manfaat kepatuhan
terhadap peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat bagi diri
sendiri antara lain ........
|
||||||||
|
35.
|
Salah satu tindakan
positif seorang siswa yang tahu tentang kedudukan hukum, ialah ........
|
||||||||
|
36.
|
Manfaat
ditumbuhkannya kesadaran hukum dalam masyarakat, adalah ........
|
||||||||
|
37.
|
Pengertian keadilan
sosial adalah keadilan yang ........
|
||||||||
|
38.
|
Makna keadilan
sosial dalam bidang pendidikan dan pengajaran adalah ........
|
||||||||
|
39.
|
Salah satu sikap
membina dan menegakkan rasa keadilan, adalah ........
|
||||||||
|
40.
|
Contoh sikap
perilaku yang mencerminkan nilai keadilan di lingkungan sekolah
adalah ........ |
||||||||
|
0 komentar:
Posting Komentar